Home » Berita » M. Zainur Rochman Gantikan Deddy Sutendy Kajari Lampung Barat Disambut Pj Bupati Nukman

M. Zainur Rochman Gantikan Deddy Sutendy Kajari Lampung Barat Disambut Pj Bupati Nukman

Array

Jajaran Pemerintah Daerah ramah tamah dan makan malam bersama di Lobby Kantor Bupati Lampung Barat pada Selasa (7/11) malam (foto dok Kominfo.

Lampung Barat, Gemasumselnews- Saat melakukan penyambutan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lampung Barat M. Zainur Rochman, S.H., M.H., yang sebelumnya dijabat oleh Deddy Sutendy, SH,. M.H., Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman membeberkan profil dan sejumlah potensi unggulan yang dimiliki kabupaten Lampung Barat.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat dan keluarga, saya mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Barat yang baru, Bapak M. Zainur Rochman S.H., M.H., di bumi beguai jejama sai betik,” ungkap Pj. Bupati Lampung Barat, Nukman.

Hal itu disampaikan Nukman pada acara penyambutan yang dikemas dengan ramah tamah dan makan malam bersama di Lobby Kantor Bupati Lampung Barat pada Selasa (7/11) malam.

Perlu diketahui, Kajari Lampung Barat M. Zainur Rochman S.H., M.H., sebelumnya bertugas sebagai Koordinator Pidana Khusus di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara, menggantikan Deddy Sutendy, SH,. M.H., yang saat ini telah alih tugas sebagai Kajari di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Di hadapan Kajari Lampung Barat M. Zainur Rochman, Pj. Bupati Nukman membeberkan profil kabupaten Lampung Barat dengan ibu kota bernama Liwa yang merupakan satu dari 15 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung.


M. Zainur Rochman, SH, MH Kajari Lampung Barat

“Wilayah kabupaten Lampung Barat memiliki luas 2.141,57 km2 atau 6,05 dari luas wilayah Provinsi Lampung, dengan mata pencaharian pokok sebagian besar penduduk Lampung Barat sebagai petani,” ungkap Nukman.

“Wilayah kabupaten Lampung Barat secara administratif terdiri dari 15 kecamatan dengan 131 pekon/desa dan 5 kelurahan,” tambahnya.

Selain itu, Nukman juga menerangkan jika kabupaten Lampung Barat mempunyai tiga program unggulan, yaitu kabupaten Lampung Barat sebagai kabupaten konservasi, literasi dan kabupaten tangguh bencana,” terangnya.

Kemudian Nukman pun menjelaskan, kabupaten Lampung Barat merupakan salah satu sentra komoditas kopi robusta dengan lahan terluas di Provinsi Lampung.

“Lampung Barat juga merupakan surganya penikmat kopi yang terkenal dengan kopi luwaknya dan kopi original yang mendunia,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Pemkab Lampung Barat telah meresmikan kampung kopi sebagai destinasi wisata baru di kabupaten Lampung Barat.

“Oleh karenanya, sangat pantas jika pengembangan tanaman kopi menjadi prioritas pemerintah kabupaten Lampung Barat,” kata Nukman.

Selanjutnya dalam bidang pariwisata, Lampung Barat telah memiliki Kebun Raya Liwa (KRL) yang merupakan pusat pengetahuan botani, kawasan konservasi, pendidikan, penelitian, dan sekaligus sebagai sarana rekreasi di alam terbuka.

“Kebun Raya Liwa ini juga memiliki koleksi tanaman anggrek yang lengkap dengan pembibitan di dalam rumah paranet, serta dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya,” kata Nukman.

Mengakhiri sambutannya, Nukman berharap dengan kepemimpinan M. Zainur Rochman sebagai Kajari Lampung Barat dapat terjalain senergitas dengan baik antara Pemkab Lampung Barat dan Kejaksaan Negeri Lampung Barta untuk mewujudkan tagline yang berbunyi “Lampung Barat Hebat dan Sejahtera”.

“Diharapkan sinergitas antara Kejari dengan Pemerintah Daerah tetap terjalin dengan baik untuk mewujudkan Lambung Barat Hebat dan Sejahtera,” tutupnya.

Sementara itu, Kajari Lampung Barta, M. Zainur Rochman, S.H., M.H., dirinya menegucapkan terima kasih atas penyambutan yang dilakukan jajaran Pemkab Lampung Barat.

Dirinya berharap, tugasnya sebagai Kajari di Lampung Barat dapat diterima sebagai keluarga yang tujuannya agar dapat mencitakan suasana keakraban, kebersamaan dalam menjalin sinergitas ke depannya.

“Hadirnya kami di sini semoga bisa menjalin suasan penuh keakraban dan kebersamaan, besar harapan pribadi kami agar kiranya bisa diterima oleh keluarga besar Pemkab Lampung Barat,” ucapnya.

Kemudian terkait jelang memasuki pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang, Kajari Lampung Barta, M. Zainur Rochman berharap kondisi di kabupaten Lampung Barat tetap dapat menjaga sinergi dan kondusifitas.

Apalagi menurutnya, kabupaten Lampung Barat merupakan kabupaten yang dinilai paling aman di Provinsi Lampung.

“Ini tahun cukup rawan, semoga kita bisa bersinergi, bersama-sama menciptakan suasana yang adem di tahun politik ini, sesuai apa yang dikatakan Pj. Bupati bahwa Lampung Barat adalah wilayah yang aman,” tuturnya.

“Sekai lagi terima kasih, mohon kiranya kami dapat diterima sebagai warga Lampung Barat dan bisa bersinergi ke depannya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, acara tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial, S.Kom., Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Pritanto, S.Ik., MH., Dandim 0422/LB Letkol Czi Anthon Wibowo, Ketua Pengadilan Negeri Liwa Awaluddin Hendra Aprilana, Ketua Pengadilan Agama Krui Risnatul Aini, Assisten, Staff Ahli dan para kepala perangkat daearah kabupaten Lampung Barat.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Kapolres Tulang Bawang Barat Laksanakan Sholat Idul Fitri bersama Warga

Khatib dalam Shalat Ied Ustadz selamet.S.Pdi. tema khutbah yaitu Pengendalian hawa napsu, (foto gsn) Tuang…

Kapolres Tubaba Pimpin Langsung Apel Pengamanan Malam Takbir

Kapolres Tubaba AKBP Ndaru Istimawan,S.IK. mengerahkan sebanyak 163 Personel malam takbir.(Foto gsn) Tulang Bawang Barat…

Pemkot Prabumulih Tidak Melarang Takbir Keliling Dilaksanakan.

Drs.Mulyadi Musa,M.Si Silahkan Pengurus Masjid Takbiran Keliling Sambut Hari Kemenangan (foto gsn/ Prabumulih Gemasumselnews– Pj….

Kapolres Dan Pj.Bupati Tulang Bawang Barat Monitoring Pos Pam Ops Ketupat Krakatau 2024

Kapolres menekankan agar personil keamanan perlu bersikap humanis dalam bertugas (foto gsn) Tulang Bawang Barat…