Home » Budaya » Kostum Sekura Raih Juara Harapan I Pada Perlombaan Senam Lampung Berjaya

Kostum Sekura Raih Juara Harapan I Pada Perlombaan Senam Lampung Berjaya

Array

Apresiasi atas diraihnya Penghargaan Kostum Sekura (foto dok Kominfo)

Lampung Barat Gemsumselnews
-Kostum sekura yang merupakan ciri khas pakaian adat masyarakat Lampung Barat mendapat penghargaan sebagai juara harapan I pada perlombaan Senam Lampung Berjaya pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023 yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung pada Rabu 22 November kemarin, di Bandar Lampung.

Capaian prestasi itu pun mendapat apresiasi dari Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) kabupaten Lampung Barat, Ny. Dra. Zelda Naturi Nukman.

Sebab kata Zelda, capaian prestasi itu telah mengharumkan nama baik kabupaten Lampung Barat.

“Terima kasih atas partisipasinya, tentunya ini prestasi membanggakan bahwa kita bisa mengharumkan nama kabupaten Lampung Barat,” ungkap Zelda.

Perlombaan Senam Lampung Berjaya pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 HKN tersebut diikuti oleh 15 peserta dinas kesehatan kabupaten/kota dan RSUD se-Provinsi Lampung.

Para peserta lomba senam dari seluruh kabupaten/kota se-Lampung masing-masing berjumlah 6 anggota, dari kabupaten Lampung Barat sendiri 6 orang peserta senam yang mengikuti ajang tersebut menampilkan ciri khas asli budaya masyarakat Lampung Barat, yaitu para peserta mengenakan kostum sekura betik.

Karena memang, ajang perlombaan senam menggunakan kostum atau pakaian budaya daerah menjadi syarat wajib bagi seluruh kabupaten/kota yang mengikuti perlombaan tersebut dengan ciri khasnya masing-masing.

Kegiatan tersebut menjadi satu di antara ajang promosi kepada masyarakat yang ada di seluruh pelosok negeri dengan keberagaman budayanya masing-masing.

Salah satu peserta senam, Mery Elita, S.Kep, Ners., dia mengatakan hal yang sangat membanggakan, jika budaya sekura yang telah menjadi tradisi turun menurun dari warisan nenek moyang asli Lampung Barat dapat eksis dan dikenal hingga kancah nasional maupun internasional.

“Harapannya, masyarakat Lampung khususnya mengenal budaya sekura yang ada di Lampung Barat, umumnya masyarakat luar lampung mengenal budaya ini, apalagi bisa terkenal hingga nasional dan internasional” ungkap Mery Elita, S.Kep, Ners., saat dikonfirmasi melalui ponsel pada Kamis (23/11/2023)

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Lampung Barat untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan berbagai kegiatan olahraga, satu di antaranya ialah senam.

“Ayo kita menggiatkan olahraga, mengolahragakan masyarakat, dab memasyarakatkan olahraga,” pungkasnya.(rill)

Berita Terkait

Berita Lainnya

Peduli Pendidikan Pratin Puramekar Sumbang Seragam Olahraga Siswa Didik

Anderi Pratin Pekon Puramekar saat kegiatan penyerahan seragam olahraga (foto gsn) Lampung Barat Gemasumselnews- Penyerahan…

Hari Terakhir Festival Sekala Bekhak Group Sekura Tampil Mariah

Hari Terakhir Festival Sekala Bekhak. Group Sekura Bukhak Tampil Mariah Lampung Barat Gemasumselnews-Kegiatan di Lapangan…

Pj Wako Prabumulih , H Elman di Dampingi istri, Kadinkes, Hj Hesti Widyaningsih Lauching PIN Polio.

Kegiatan bertempat di Kelurahan Sukaraja Kecamatan Prabumulih Timur (foto gsn) Prabumulih, Gemasumselnews – Pemkot Prabumulih…

Senyum Tipis Tipis Abusama H. Misnadi Menjadi “Magnet”, Ibu Ibu ekspresikan Dukungan

ibu ibu mengekspresikan dukungan terhadap kedua pasangan calon di setiap titik pertemuan. (foto GSN) OKU…

H.Muhtadin Sera’i : Dukung Bacabup Abusama-Misnadi Yakin Mampu Bawa OKU Selatan Lebih Baik

Abusama- H.Misnadi Mari kita bersatu untuk memenangkan Pilkada OKU Selatan pada 27 November 2024 mendatang…