Home » Berita » Bupati Buka Lomba Kegiatan Desain Motif Batik Khas OKU Selatan Diselenggarakan Bappeda Litbang Dan Dekranasda

Bupati Buka Lomba Kegiatan Desain Motif Batik Khas OKU Selatan Diselenggarakan Bappeda Litbang Dan Dekranasda

Array

Sambutan Ketua Dekranasda OKU Selatan (foto dok Kominfo)

Muaradua, Gemasumselnews- Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Bappeda Litbang menggelar Lomba Desain Motif Batik Khas OKU Selatan, Senin (24/10/2023)

Mewakili Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Comm. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda OKU Selatan Joni Rafles, AP.,M.Si. hadir langsung untuk membuka kegiatan Lomba Desain Motif Batik Khas OKU Selatan yang digelar di Aula Pemkab OKU Selatan.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten OKU Selatan Firman Bastari, S.STP.,M.Si. dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan lomba ini untuk Menjaring kreatifitas masyarakat, pelajar dan mahasiswa di tingkat Kabupaten OKU Selatan khususnya dan tidak menutup kemungkinan diluar Kabupaten OKU Selatan dalam mendesain motif batik khas OKU Selatan.

“Diharapkan hasil lomba ini dapat direkomendasikan menjadi Motif Batik Khas OKU Selatan yang dapat diaplikasikan menjadi seragam Kerja, Kemeja, Blouse, Busana Muslim, Blazer, scraf, Busana Ready to wear, merchandise khas OKU Selatan (tas, topi, kaos urbane, dll),”jelas Kepala Bappeda.

Kepala Bappeda juga menjelaskan bahwa untuk Peserta Lomba ini adalah masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa yang berasal dari kabupaten OKU Selatan dan Luar Kabupaten OKU Selatan. Sebagai informasi, pendaftar lomba ini berjumlah 61 orang, setelah diseleksi tim penilai mendapatkan 19 nominator yang akan dipilih lagi menjadi 10 nominator.

Untuk Tim Juri Ketua Dekranasda Kabupaten OKU Selatan Ibu Isyana Lonitasari Popo, S.H. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten OKU Selatan Bapak Jos Akherman, S.STP.,M.Si.
Bapak Ilham, Penggiat Seni dari Palembang
Nadina Sukma Salim, S.Pd.,M.Ds Penggiat Seni dari Palembang.

Ketua Dekranasda Kabupaten OKU Selatan Isyana Lonitasari Popo, S.H. dalam sambutannya sangat menyambut baik kegiatan Lomba Desain Motif Batik Khas OKU Selatan. Tentunya akan menjadi kebanggan sendiri, dengan adanya lomba seperti ini akan menjaring para pelaku seni dan tentunya untuk memajukan Kesenian, ragam dan budaya daerah pada media Batik.

“Batik khas OKU Selatan yang terpilih nantinya akan digunakan sebagai Seragam Kerja Para Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan sebagai identitas baru, bahwa Kabupaten OKU Selatan mempunyai Batik yang penuh makna dan filosofi tentang Kabupaten OKU Selatan,” Ungkapnya.

Dalam sambutan Bupati OKU Selatan yang dibacakan oleh Asisten I menyampaikan, bahwasanya Sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia, batik dipandang sebagai identitas budaya Indonesia yang semakin kuat, oleh karena itu, batik merupakan produk Indonesia yang potensial untuk dikembangkan dari berbagai segi seperti warna, motif maupun desain.

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dalam hal ini Bappeda Litbang bekerjasama dengan Dekranasda OKU Selatan bermaksud mengambil peluang tersebut melalui Lomba Desain Motif Batik Khas OKU Selatan.

“Melalui kegiatan ini Kita mendapatkan Motif Batik yang menggambarkan keunikan, keanekaragaman budaya, keanekaragaman flora dan fauna yang ada di Kabupaten OKU Selatan dan dapat diaplikasikan dalam berbagai macam produk fashion maupun souvenir khas OKU Selatan. diharapkan hasil dari lomba ini juga dapat menambah kekayaan dan keragaman motif khas OKU Selatan serta juga dapat ikut memberdayakan perekonomian masyarakat,” ujar Asisten I.

Usai dilakukan penilaian dari 19 Nominator, terpilih 10 Nominator dan untuk Nama Pemenang Lomba Desain Batik Khas OKU Selatan ini akan diumumkan pada peringatan Sumpah Pemuda. (rill)

Berita Terkait

Berita Lainnya

H.Muhtadin Sera’i : Dukung Bacabup Abusama-Misnadi Yakin Mampu Bawa OKU Selatan Lebih Baik

Abusama- H.Misnadi Mari kita bersatu untuk memenangkan Pilkada OKU Selatan pada 27 November 2024 mendatang…

Pemerintah Kabupaten OKU Timur Kerjasama Gelar Kegiatan Isbat Nikah Terpadu 2024

Tema “Melalui Isbat Nikah Terpadu Diharapkan Kepastian Hukum Status Perkawinan Sehingga Dapat Terwujud OKU Timur…

Pj Wako Prabumulih H Elman Serahkan KUA PPAS APBD Induk 2025 di Ruang Rapat Banggar.

Suasana Penyerahan KUA PPAS APBD Induk 2024 kepada Pimpinan DPRD diterima Ketua DPRD Sutarno SE…

Aksi Keren Atraksi Polisi Cilik Sambut Kapolres Baru OKU Selatan

Sebanyak 34 anak dari SDN di OKU Selatan berpartisipasi dalam atraksi tersebut (foto istimewa) Muaradua…

Diduga Korsleting Listrik, Ruang Kerja Bupati OKU Terbakar

Kebakaran melanda gedung kantor Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) pada Senin malam (15/7) sekitar…