Home » Prabumulih » Bawaslu Prabumulih Terjunkan 161 Personil Turunkan APK Peserta Pemilu 2024 .

Bawaslu Prabumulih Terjunkan 161 Personil Turunkan APK Peserta Pemilu 2024 .

Array

161 personel gabungan diterjunkan menyisir ke sejumlah lokasi (foto andy)

Prabumulih Gemasumselnews – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Prabumulih melakukan penertiban seluruh alat peraga kampanye (APK) para calon anggota legislatif dan calon presiden di hari pertama masa tenang, Minggu (11/2/2024). Sebanyak 161 personel gabungan diterjunkan menyisir ke sejumlah lokasi yang ada di wilayah kota nanas

Ketua Bawaslu Prabumulih, Afan Sira Oktrisma didampingi anggota Lia Siska Indriani SPd dan Bery Andika SE mengatakan, penertiban APK dilakukan karena mulai Minggu 11 Februari hingga Selasa 13 Februari 2024 mendatang merupakan masuk masa tenang Pemilu

Masa kampanye telah berakhir pada Sabtu (10/2/2024) pukul 00.00 dan hari ini hingga Selasa tanggal 13 Februari 2024 merupakan masa tenang sehingga seluruh APK harus ditertibkan,” kata Afan

Ia menyampaikan, selama masa tenang seluruh calon anggota legislatif ataupun tim sukses dan lainnya dilarang melakukan aktivitas kampanye dalam bentuk apapun.

Adapun larangan yang dimaksud, kata dia, meliputi tidak melakukan aktivitas kampanye, menjanjikan atau memberikan imbalan kepada pemilih untuk tidak menggunakan. hak pilih, memilih pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD dan DPRD, maupun memilih partai politik peserta pemilu.

Kemudian, tidak menyiarkan berita iklan dan/atau rekam jejak peserta pemilu (untuk media massa), ataupun mengumumkan hasil survei atau jajak pendapat tentang pemilu.

Hal ini telah diatur berdasarkan Pasal 56 Ayat (4) PKPU Nomor 15 Tahun 2023. (4) selama masa tenang, media massa cetak, media daring, media sosial, dan Lembaga Penyiaran dilarang menyiarkan berita, iklan, rekam jejak, atau bentuk lainnya yang mengarah kepada kepentingan Kampanye Pemilu yang menguntungkan atau merugikan Peserta Pemilu.

Jadi selama tiga hari ini juga seluruh yang berbau kampanye akan kita tertibkan, hari ini Jumlah APK yang ditertibkan 1.823 lembar dan APS (alat peraga sosialisasi) sebanyak 1.929,” katanya.

Lebih lanjut Afan menuturkan, dalam penertiban yang menyeluruh dilakukan tersebut sebanyak 161 personel diterjunkan dengan dibagi menjadi tiga tim terdiri dari Panwascam, PKD, Satpol-PP, TNI dan Polri, Dishub serta Perkim.

Jadi tim ini menyusuri jalan-jalan dan melepasi atribut kampanye parpol, caleg hingga calon presiden. Semuanya kita bersihkan dan kami imbau para petugas jangan ada yang terlewatkan atau tebang pilih,” jelasnya.

Kami imbau agar jangan kampanye di hari tenang, selain itu juga kami tegaskan agar tidak juga melakukan money politik di masa tenang ini,” pungkasnya (and)

Berita Terkait

Berita Lainnya

Kapolres Tulang Bawang Barat Laksanakan Sholat Idul Fitri bersama Warga

Khatib dalam Shalat Ied Ustadz selamet.S.Pdi. tema khutbah yaitu Pengendalian hawa napsu, (foto gsn) Tuang…

Kapolres Tubaba Pimpin Langsung Apel Pengamanan Malam Takbir

Kapolres Tubaba AKBP Ndaru Istimawan,S.IK. mengerahkan sebanyak 163 Personel malam takbir.(Foto gsn) Tulang Bawang Barat…

Pemkot Prabumulih Tidak Melarang Takbir Keliling Dilaksanakan.

Drs.Mulyadi Musa,M.Si Silahkan Pengurus Masjid Takbiran Keliling Sambut Hari Kemenangan (foto gsn/ Prabumulih Gemasumselnews– Pj….

Kapolres Dan Pj.Bupati Tulang Bawang Barat Monitoring Pos Pam Ops Ketupat Krakatau 2024

Kapolres menekankan agar personil keamanan perlu bersikap humanis dalam bertugas (foto gsn) Tulang Bawang Barat…