Home » Lampung Barat » Ini Besaran Gaji Linmas Di TPS Yang Dianggarkan KPU Lampung Barat

Ini Besaran Gaji Linmas Di TPS Yang Dianggarkan KPU Lampung Barat

Array

Tidak semua Linmas terima gaji dari KPU. KPU hanya menganggarkan gaji bagi anggota Linmas yang bertugas di TPS saja (foto illustrasi)

Lampung Barat Gemasumselnews-Honorium, sering juga disebut masyakat gaji (Meski pengertianya berbeda), anggota perlindungan masyarakat atau Linmas Pemilu 2024 yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) telah dianggarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Namun, dari jumlah 2.294 anggota Linmas Pemilu 2024 yanh diserahterimakan Pemkab Lampung Barat dan KPU hari ini, Rabu, 7 Februari 2024, tak semua menerima gaji dari KPU. KPU hanya menganggarkan gaji bagi anggota Linmas yang bertugas di TPS saja. Selebihnya, gaji para Linmas itu bukan menjagi tanggung jawab lembaga penyelenggara pemilu itu. Menurut Ketua KPU Lampung Barat, Arip Sah,

“KPU hanya menganggarkan gaji untuk dua personel Linmas yang ditugaskan di tiap TPS. Diketahui, jumlah TPS di Lampung Barat itu 982. Tiap TPS bakal ditempatkan dua personel Linmas. Artinya, ada 1.964 Linmas yang gajinya dianggrkan KPU. “Yang digaji KPU adalah dua Linmas yanh di TPS. Total ada 1.964 linmas yang gajinya dianggarkan KPU,” ujar Arip Sah. Sementara gaji sekitar 330 anggota linmas lainnya menjadi tanggung jawab pihak pekon dan kecamatan. “Selebihnya tanggung jawab pihak pekon dan kecamatan,” kata dia.

Sekretaris KPU Lampung Barat Redy Kennedy, membenarkan KPU hanya menganggarkan gaji hanya untuk 1.964 Linmas. Total anggaran gaji Linmaa di KPU, yakni Rp1.374.800.000 atau Rp1,3 miliar lebih. Setiap anggota Linmas bakal menerima gaji Rp700 ribu. ”Gaji setiap anggota linmas Rp700 ribu,” tegasnya.

Dikatakan, anggota Linmas yang menerima gaji tersebit adalah yang hadir atau yang menjalankan tugas saat pemungutan dan perhitungan suara (Tungsura).

Bagi yang tidak hadir otomatis gajinya tak bisa dibayarkan. ”Contoh, kan tiap TPS ada dua linmas, tetapi hanya sagu yang menjalankan tugas, ya satu itu yang kita gaji,” ucap Redy.

Disinggung soal 330 Linmas yang gajinya tidak masuk anggaran KPU, Redyvmenyebut itu menjadi tanggung jawan pihak pekon atau desa dan kecamatan. “Itukan (330 linmas) ada dari pekon dan kecamatan. Nah gaji yang pekon jadi tanggung jawab pekon dan Linmas dari kecamatan menjadi tanggungjawab kecamatan atau pemkab” ujarnya.

Diketahui, sebelumya KPU menerima penyerahan 2.294 anggota Linmas Pemilu 2024. 2.294 Linmas itu diserahkan Pemkab Lampung Barat kepada KPU saat upacara Gelar Pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) Linmas, di Lapangan Indrapati Cakranegara di kompleks pemkab yang terbagi atas lima Dapil itu, Rabu, 7 Februari 2024. Berita acara serah terima ribuan Limmas itu ditandatangani Pj Bupati Lampung Barat, Nukman, dan Ketua KPU, Aripsah.(*)

Berita Terkait

Berita Lainnya

Kapolres Tulang Bawang Barat Laksanakan Sholat Idul Fitri bersama Warga

Khatib dalam Shalat Ied Ustadz selamet.S.Pdi. tema khutbah yaitu Pengendalian hawa napsu, (foto gsn) Tuang…

Kapolres Tubaba Pimpin Langsung Apel Pengamanan Malam Takbir

Kapolres Tubaba AKBP Ndaru Istimawan,S.IK. mengerahkan sebanyak 163 Personel malam takbir.(Foto gsn) Tulang Bawang Barat…

Pemkot Prabumulih Tidak Melarang Takbir Keliling Dilaksanakan.

Drs.Mulyadi Musa,M.Si Silahkan Pengurus Masjid Takbiran Keliling Sambut Hari Kemenangan (foto gsn/ Prabumulih Gemasumselnews– Pj….

Kapolres Dan Pj.Bupati Tulang Bawang Barat Monitoring Pos Pam Ops Ketupat Krakatau 2024

Kapolres menekankan agar personil keamanan perlu bersikap humanis dalam bertugas (foto gsn) Tulang Bawang Barat…