Home » Berita » Tulang Bawang Barat » KPU Tubaba Lakukan Proses Seleksi PPK Guna Pilkada Serentak 2024

KPU Tubaba Lakukan Proses Seleksi PPK Guna Pilkada Serentak 2024

Array

Ketua KPU Tubaba Yudi Agusman, seleksi PPK dari 9 kecamatan yang ada di Tubaba sebanyak 129 peserta. (foto gsn)

Tulang Bawang Barat Gemasumselnews— Demi mewujudkan semua proses pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak baik pemilihan bupati/ wali kota, maupun pemilihan gubernur/ wakil gubernur secara serentak pada 2024. KPUD Tulang Bawang Barat (Tubaba) melakukan seleksi Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) pada 9 kecamatan yang ada di Tubaba. Hal itu untuk membantu kerja KPUD pada tingkat kecamatan.

Kegiatan yang diselenggarakan di aula laboratorium Komputer SMAN 1 Tumijajar, kecamatan Tumijajar, kabupaten setempat pada Senin, 06/05/2024. Dalam proses seleksi selain pihak KPUD, peserta juga turut dihadiri pihak Bawaslu, serta anggota satintelkam Polres Tubaba.

Salah satu peserta seleksi PKK, Heri Yanto mengatakan tingkat soal yang diujikan sudah sesuai dengan materi tentang pilkada. Soal yang diujikan terdiri dari 70 soal dengan waktu 90 menit. Setelah Selesai tes peserta dapat langsung melihat score hasil nilainya dimonitor atau layar komputer.

“Semua soal yang diujikan menurut saya sudah sesuai. Semuanya materi mengenai pilkada. Ada pula materi mengenai wawasan kebangsaan. Sekor nilai juga bisa langsung muncul dapat dilihat langsung oleh masing- masing peserta “ungkapnya Heri yang merupakan peserta seleksi.

Dijelaskan ketua KPUD Tubaba Yudi Agusman, bahwasanya secara keseluruhan peserta yang lulus administrasi dan berhak mengikuti seleksi PPK dari 9 kecamatan yang ada di Tubaba sebanyak 129 peserta.

Dalam rekrutmen seleksi tersebut mengunakan Computer Assisted Test (CAT). Berbagai tahapan seleksi yang dimulai dari tahapan pendaftaran, seleksi berkas atau administrasi, seleksi tes mengunakan CAT, dan terakhir tes wawancara.

“Ya kami dalam melakukan rekrutmen ini melalui berbagai tahapan. Dimulai dari tahapan pendaftaran, seleksi admistrasi atau berkas, seleksi mengunakan Computer Assisted Test (CAT), dan terakhir ada seleksi wawancara. Semua proses itu harus dilalui oleh masing- masing calon PPK”

“Pada hari ini ada dua sesi peserta yang mengikuti CAT. Yaitu sesi pagi terdiri dari 2 kelas dengan peserta sebanyak 66 peserta dari tiga kecamatan yaitu kecamatan Tulang Bawang Tengah, Tulang Bawang Udik, dan kecamatan Tumijajar. Dari ketiga kecamatan itu ada 9 peserta yang tidak mengikuti CAT, dan bagi peserta yang tidak mengikuti salah satu tahapan seleksi maka otomatis tidak lulus atau sistem gugur.

“Sementara untuk 6 kecamatan lainnya yaitu kecamatan Labu Kibang, Pagar Dewa, Gunung Terang, Gunung Agung, Batu Putih, dan Way Kenangga pelaksanaan CAT nya dilaksanakan pada siang hari pukul 13: 00 wib. Semua soal dibuat dan disegel dari KPU- RI, jadi yakinlah dalam rekrutmen ini bersifat transparan, dan objektif karena nilai dapat langsung dilihat oleh para peserta “Ujarnya Yudi Yusman.

Ketua KPUD Tubaba Yudi Agusman berharap kepada semua peserta dapat optimis dan bersungguh- sungguh dalam mengikuti tahapan seleksi yang ada. Dapat menjadi bagian dari penyelenggara pemilu pada pilkada serentak 2024. Serta dapat turut mensukseskan hajat peserta demokrasi pilbub dan Pilgub yang akan datang. (geng)

Berita Terkait

Berita Lainnya

KPU Melantik 95 Anggota PPK OKU Selatan

Ketua KPU Doni Yansen Berkegiatan di Aula Graha Serasan Seandanan Banding Agung,(foto gsn) OKU Selatan…

Dekan Unsri dan Dokter RSMH Sumsel Kunjungi RSUD Kota Prabumulih

Sriwidyastuti beserta jajaran sambut tim visitasi dari perguruan tinggi UNSRI dan RSMH kota Palembang (foto…

DPRD OKUS Komisi III Kunker ke Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)

Komisie III membahas tentang Perlindungan Pekerja Migran (foto gsn) OKU Selatan Gemasumselnews -Pemerintah Kabupaten OKU…

Dekan Unsri dan Dokter RSMH Sumsel Kunjungi RSUD Kota Prabumulih

drg Sriwidyastuti sambut Tim visitasi UNSRI dan RSMH kota Palembang diGedung Aula RSUD (foto gsn)…

Tumbuh Kembangkan Minat Baca Warga Prabumulih Ini Kata Kadin Mahpuzi

Mobil Perpustakaan Keliling jangkau tempat terjauh dari Kota Prabumulih (foto gsn) Prabumulih Gemasumselnews – Pemkot…