Home » Berita » Pj. Bupati Nukman Serah Terima 2.294 Anggota Linmas Dengan KPU Lampung Barat

Pj. Bupati Nukman Serah Terima 2.294 Anggota Linmas Dengan KPU Lampung Barat

Array

Gelar upacara Pasukan Pemilukada BKO Linmas Pengamanan Pemilihan Presiden dan Wakil ppresiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten (foto dok kominfo)

Lampung Barat Gemasumselnews-Demi terciptanya keamanan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 14 Februari mendatang, Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM., melakukan penandatanganan berita acara serah terima 2.294 orang Anggota Linmas dengan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Barat, Arif Sah.

Penandatanganan serah terima anggota Linmas tersebut berlangsung di halaman kantor bupati Lampung Barat, saat digelarnya upacara Pasukan Pemilukada Bawah Kendali Operasi (BKO) Linmas Pengamanan Pemilihan Presiden dan Wakil ppresiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, Kabupaten Lampung Barat tahun 2024, pada Rabu (7/2/2024).

Melalui amanatnya saat menjadi pembina upacara Pasukan Pemilukada BKO, Pj. Bupati Nukman mengatakan jika pemilihan umum yang disebut Pemilu adalah bagian dari proses demokrasi yang merupakan hak dan kewajiban sebagai warga negara Republik Indonesia.

Pada tahun ini, masyarakat Kabupaten Lampung Barat akan mengikuti kontestasi pesta demokrasi dalam memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Kabupaten Lampung Barat mempunyai personil Linmas sebanyak 2.294 orang yang siap membantu dalam pelaksanaan pemilihan umum tahun ini.

Personil Linmas yang sudah diserahterimakan antara Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dengan KPU Lampung Barat tersebut akan bertugas di tiap-tiap TPS dan ditempatkan di masing-masing kecamatan.

Pj. Bupati Nukman berharap, Pemilu yang akan dilaksanakan 14 Februari nanti terbebas dari tekanan dan intimidasi dari pihak manapun.

“Sehingga perlu adanya jaminan keamanan agar setiap tahapan pemilu yang sudah di agendakan dapat berjalan sebagaimana mestinya,” ungkap Pj. Bupati Nukman.

Kepada seluruh jajaran khususnya TNI dan Polri Pj. Bupati Nukman bberharap untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam pelaksanaan Pilpres dan Pileg serentak.

“Serta meminimalisir segala tindakan kontra produktif yang justru dapat mencederai nilai-nilai demokrasi dan menurunkan citra aparat dan pemerintah di mata masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, kepada anggota Satuan Linmas yang telah diserah terimakan, Pj. Bupati Nukman juga berpesan agar mampu mendeteksi berbagai potensi gangguan keamanan dan ketertiban yang menimbulkan gejolak di wilayah lingkungannya.

“Diharapkan anggota Linmas memiliki kesigapan dan segera melaporkan apabila ditemukannya kejadian-kejadian yang sifatnya akan menggangu kelancaran jalannya pemilihan umum secara serentak kepada pemerintah daerah/aparat terkait,” harap Nukman.

“Personil Linmas yang notabene adalah berasal dari masyarakat itu sendiri, untuk itu diyakini bahwa seluruh peristiwa dan kejadian di wilayah lingkungan/pekon masing-masing tidak akan luput dari pantauannya,” tambahnya.

Tentunya, lanjut Nukman, apabila peran-peran tersebut dapat dilakukan dengan baik, maka sudah pasti akan berdampak bagi kondusifitas di tengah masyarakat.

Berkaitan dengan hal itu, Pj. Bupati Nukman memberikan sejumlah penekanan kepada Satuan Linmas yang terlibat dalam keamanan Pemilu serentak tersebut.

“Tingkatkan iman dan taqwa sebagai landasan utama dalam melaksanakan tugas di lapangan,” pintanya.

“Utamakan keselamatan dan siapkan mental serta fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Lampung Barat,” lanjutnya.

Terakhir Pj. Bupati Nukman meminta Satuan Linmas dapat mepererat hubungan dan komunikasi di antara elemen terkait Pilpres dan Pileg yaitu KPU, Panwas, TNI, Polri, Pemerintah Daerah termasuk pasangan calon dan pendukungnya.

“Penekanan yang perlu saya sampaikan untuk dapat dipedomani dan dilaksanakan,” pungkasnya.

Perlu diketahui, upacara Pasukan Pemilukada BKO tersebut dihadiri sejumlah jajaran dari Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, TNI dari Kodim 0422/LB maupun Polri dari Polres Lampung Barat. (rill)

Berita Terkait

Berita Lainnya

H.Muhtadin Sera’i : Dukung Bacabup Abusama-Misnadi Yakin Mampu Bawa OKU Selatan Lebih Baik

Abusama- H.Misnadi Mari kita bersatu untuk memenangkan Pilkada OKU Selatan pada 27 November 2024 mendatang…

Pemerintah Kabupaten OKU Timur Kerjasama Gelar Kegiatan Isbat Nikah Terpadu 2024

Tema “Melalui Isbat Nikah Terpadu Diharapkan Kepastian Hukum Status Perkawinan Sehingga Dapat Terwujud OKU Timur…

Pj Wako Prabumulih H Elman Serahkan KUA PPAS APBD Induk 2025 di Ruang Rapat Banggar.

Suasana Penyerahan KUA PPAS APBD Induk 2024 kepada Pimpinan DPRD diterima Ketua DPRD Sutarno SE…

Aksi Keren Atraksi Polisi Cilik Sambut Kapolres Baru OKU Selatan

Sebanyak 34 anak dari SDN di OKU Selatan berpartisipasi dalam atraksi tersebut (foto istimewa) Muaradua…

Diduga Korsleting Listrik, Ruang Kerja Bupati OKU Terbakar

Kebakaran melanda gedung kantor Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) pada Senin malam (15/7) sekitar…