Home » Berita » Pj Bupati Lampung Barat Nukman Lantik Pengurus Saka Adhyasta Pemilu 2023

Pj Bupati Lampung Barat Nukman Lantik Pengurus Saka Adhyasta Pemilu 2023

Array

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Lampung Barat selaku penyelenggara kegiatan bekerja sama dengan pramuka, Komisi Pemilihan Umum (KPU), (foto dok kominfo)

Lampung Barat, Gemasumselnews-Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM., yang juga selaku ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lampung Barat melakukan pelantikan pengurus Satuan Karya Pramuka Adhyasta Pemilu (Saka Adhyasta Pemilu) tahun 2023, berlangsung di taman Kota Liwa, kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balik Bukit, Minggu (19/11/2023).

Saka Adhyasta Pemilu ialah satuan karya Pramuka yang merupakan wadah kegiatan keadhyastaan (pengawalan) Pemilu untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang pencegahan dan pengawasan pemilu guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pengawasan.

Acara tersebut turut dihadiri pihak Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Lampung Barat selaku penyelenggara kegiatan bekerja sama dengan pramuka, Komisi Pemilihan Umum (KPU), pembina, pengurus, pembimbing ranting pramuka, serta penegak pandega peserta perkemahan Saka Adhyasta Pemilu Lampung Barat.

Menurut Pj. Bupati Nukman, perkemahan tersebut menyesuaikan tema hari pramuka ke-62 pada tahun 2023 yaitu “mewujudkan sumber daya manusia yang profesional dan berwawasan kebnagsaan”.

“Tema ini menunjukkan semangat gerakan pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, mencermati SDM Kita yang ada sekarang ini masih jauh dari harapan,” kata Nukman

Di samping itu, lanjut Nukman, wawasan kebangsaan menjadi penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara.

“Terlebih sekarang akan menghadapi Tahun Politik Pemilu tahun 2024, kiranya Saka Adhyasta Pemilu dapat membantu menjaga persatuan dan kesatuan dalam Gerakan Pramuka agar tetap solid serta terjaga demi keutuhan NKRI yang kita cintai,” ujar Nukman.

Perlu diketahui, Bawaslu Kabupaten Lampung Barat bersama Anggota melaksanakan perkemahan itu dalam rangka pelantikan pengurus “Saka Adhyasta Pemilu” guna membantu pengawasan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 mendatang.

Nukman berharap kepada para kader pramuka untuk terus menjadi peloppr dan pejuang pengawasan pemilu tahun 2024.

“Kita memiliki tujuan bersama yang mulia dalam wadah Saka Adhyasta Pemilu Kabupaten Lampung Barat ini, yaitu dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, menciptakan pemilu yang bebas, umum, langsung, rahasia dan menjadi sekolah demokrasi bagi anggota pramuka di bidang pengawasan pemilu serta memberikan pendidikan khusus pengawasan pemilu bagi anggota pramuka,” pungkasnya.(rill)

Berita Terkait

Berita Lainnya

Kapolres Tulang Bawang Barat Laksanakan Sholat Idul Fitri bersama Warga

Khatib dalam Shalat Ied Ustadz selamet.S.Pdi. tema khutbah yaitu Pengendalian hawa napsu, (foto gsn) Tuang…

Kapolres Tubaba Pimpin Langsung Apel Pengamanan Malam Takbir

Kapolres Tubaba AKBP Ndaru Istimawan,S.IK. mengerahkan sebanyak 163 Personel malam takbir.(Foto gsn) Tulang Bawang Barat…

Pemkot Prabumulih Tidak Melarang Takbir Keliling Dilaksanakan.

Drs.Mulyadi Musa,M.Si Silahkan Pengurus Masjid Takbiran Keliling Sambut Hari Kemenangan (foto gsn/ Prabumulih Gemasumselnews– Pj….

Kapolres Dan Pj.Bupati Tulang Bawang Barat Monitoring Pos Pam Ops Ketupat Krakatau 2024

Kapolres menekankan agar personil keamanan perlu bersikap humanis dalam bertugas (foto gsn) Tulang Bawang Barat…