Home » Berita » Pj. Bupati Lampung Barat Buka Musrenbang Kecamatan Sukau Lombok Seminung Anggota DPRD Respon Positif

Pj. Bupati Lampung Barat Buka Musrenbang Kecamatan Sukau Lombok Seminung Anggota DPRD Respon Positif

Array

Musrenbang wadah masyarakat untuk menyampaikan keluhan maupun usulan untuk pembangunan ke depannya. (foto dok kominfo)

Lampung Barat Gemasumselnews-Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M melalui Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. Ismet Inoni M.M secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024 di Kecamatan Lumbok Seminung dan Sukau dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025, Rabu (07/02).

Guruh Pajarullah Sekretaris LSM Lembaga Komunitas Peduli Rakyat (LKPR) Lampung Barat Mewakili Warga Sukau penyampaian Usulan Pembangunan

Dalam kesempatan itu, Ismet Inoni mendengarkan secara langsung usulan-usalan program yang di lontarkan masyarakat. Hampir seluruh kondisi dari bidang sektor infrastruktur hingga alat komoditas pertanian di Kecamatan Lumbok Seminung dan Sukau di usulkan masyarakat pada sesi diskusi.

Mendengar berbagai keluhan hingga masukan yang disampaikan masyarakat, Ismet Inoni bersama sejumlah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) didampingi Kepala Perangkat Daerah menunjukkan respons positif dengan membuktikan kepeduliannya selama ini.

Menurut Pak Ismet (sapaan akrabnya bagi Asisten Didang Administrasi Umum itu) menjelaskan, Musrenbang merupakan wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan maupun usulan untuk pembangunan ke depannya.

Secara Khusus Ismet Inoni menyampaikan beberapa arahan dan pesan kepada seluruh peserta Musrenbang. Pertajam kembali setiap usulan Pekon dengan tetap mengacu pada Visi dan Misi Kabupaten Lampung Barat melalui skala prioritas, realistis dan berkualitas serta terukur yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat.

“Hari ini kita lakukan musyawarah apa yang akan kita bangun ke depannya. Maka silahkan usulkan usulan bersipat prioritas yang dianggap penting untuk Kecamatan di tahun 2025 mendatang,” sebutnya.

“Perumusan dan penetapan program prioritas nantinya, harus benar-benar mampu menjawab permasalahan serta mendorong pemulihan ekonomi masyarakat,”lanjutnya.

Namun, dirinya berharap melalui Musrenbang tingkat Kecamatan, agar segenap potensi dapat dicurahkan untuk membangun kerangka pikir, orientasi dan persepsi yang sama, pada upaya pemenuhan kebutuhan dan pelayanan masyarakat sesuai dengan proporsi dan rasionalitas kemampuan anggaran.

“Karena tidak mungkin dapat memenuhi seluruh kebutuhan yang dihadapi pada satu tahun anggaran. Bijaklah dalam perumusan program pembangunan dan penggunaan anggaran yang mengutamakan kebutuhan bukan kepentingan tertentu,” harapnya.

Ismet berpesan agar hasil Musrenbang betul-betul menjadi bahan masukan bagi penyusunan RKPD Kabupaten Lampung Barat di tahun 2025 mendatang dengan tetap memperhatikan kebutuhan aspirasi masyarakat.

Terkait usulan yang telah disampaikan lapisan masyarat, dikatakan Ismet Inoni seluruhnya akan ditampung Pemerintah Kabupaten Lampung Barat terlebih dahulu untuk dipelajari ke depannya mana yang masuk skala prioritas di tahun 2025 mendatang.

“Apa yang sudah sauadara-saudara usulkan dalam kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan ini seluruhnya akan kita terima, kemudian nantinya akan kita pelajari dan lanjutkan tingkat Kabupaten hingga Provinsi dan seterusnya ke pusat,” ucapnya.

“Dan saya berpesan agar apa yang sudah di bangun di tahun sebelumnya supaya dapat dijaga dengan harapan dapat digunakan jangka panjang,” pungkasnya.

Sementara, pada kegiatan Musrenbang yang berlangsung di Pekon Kagungan, Nano Sugiono mewakili masyarakat Kecamatan Lumbok Seminung menyampaikan berbagai usulan diantaranya pembangunan irigasi saluran persawahan bagi masyarakat setempat.

“Terdapat kurang lebih 20 hektar persawahan saat ini tidak dapat melakukan tanam padi sebab diakibatkan mengalami kekeringan. Hal itu karena persawahan kami hanya mengandalkan tadah air hujan,” jelasnya.

“Terlebih Kecamatan Lumbok Seminung ini sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani padi, tentu masalah ini merupakan masalah yang besar bagi kami pak. Saya berharap usulan ini agar masuk dalam skala prioritas di tahun 2025 mendatang syukur-syukur dapat terlaksana di tahun 2024 ini,” paparnya.

Terpisah, Guruh Pajarullah mewakili masyarakat Kecamatan Sukau menyampaikan ucapan terima kasih, menurutnya masyarakat setempat sudah merasakan langsung hasil kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lampung Barat selama ini.

Ia pun berharap kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat agar kinerja dan kerja sama terus ditingkatkan supaya dapat membuahkan manfaat bagi lapisan masyarakat.

“Jika ada usulan-usalan yang disampaikan masyarakat pada pelaksanaan Musrenbang ini kami berharap kepada stack holder terkait agar dapat menampungnya untuk di perjuangkan di tingkat Kabupaten hingga pusat,” pungkasnya.(rill)

Berita Terkait

Berita Lainnya

Peduli Pendidikan Pratin Puramekar Sumbang Seragam Olahraga Siswa Didik

Anderi Pratin Pekon Puramekar saat kegiatan penyerahan seragam olahraga (foto gsn) Lampung Barat Gemasumselnews- Penyerahan…

Hari Terakhir Festival Sekala Bekhak Group Sekura Tampil Mariah

Hari Terakhir Festival Sekala Bekhak. Group Sekura Bukhak Tampil Mariah Lampung Barat Gemasumselnews-Kegiatan di Lapangan…

Pj Wako Prabumulih , H Elman di Dampingi istri, Kadinkes, Hj Hesti Widyaningsih Lauching PIN Polio.

Kegiatan bertempat di Kelurahan Sukaraja Kecamatan Prabumulih Timur (foto gsn) Prabumulih, Gemasumselnews – Pemkot Prabumulih…

Senyum Tipis Tipis Abusama H. Misnadi Menjadi “Magnet”, Ibu Ibu ekspresikan Dukungan

ibu ibu mengekspresikan dukungan terhadap kedua pasangan calon di setiap titik pertemuan. (foto GSN) OKU…

H.Muhtadin Sera’i : Dukung Bacabup Abusama-Misnadi Yakin Mampu Bawa OKU Selatan Lebih Baik

Abusama- H.Misnadi Mari kita bersatu untuk memenangkan Pilkada OKU Selatan pada 27 November 2024 mendatang…