Home » Berita » Pj Bupati Kabupaten Lampung Barat Nukman launching penyaluran bantuan beras

Pj Bupati Kabupaten Lampung Barat Nukman launching penyaluran bantuan beras

Array

PJ Bupati Penyaluran Bantuan Beras (foto dok Kominfo)

Lampung Barat, gemasumselnews

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Lampung Barat Drs. Nukman M.M launching penyaluran bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) tahap II tahun 2023.

Penyaluran secara simbolis kepada masyarakat Kecamatan Balik Bukit. Berlangsung di Kantor Badan Urusan Logistik (Bulog) Pekon Watas Kecamatan Balik Bukit, Rabu (27/9/2023).

Di buka langsung oleh Pj. Bupati Lampung Barat dengan pengibaran bendera, Turut disaksikan Dandim 0422 Lampung Barat Letkol Czi Anthon Wibowo, Asisten bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Wasisno Sembiring,SE ,Kepala Perangkat Daerah, Camat, Perwakilan Polres, Kejaksaan dan Peratin.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menyalurkan bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah kepada 30631 masyarakat se-Kabupaten Lampung Barat.

Dengan Rincian, Kecamatan Air Hitam 1006 orang, Balik Bukit 3650, Bandar Negeri Suoh (BNS) 3173, Batu Brak 2031, Batu Ketulis 1956, Belalau 1817, Kebun Tebu 2303, Lumbok Seminung 1009, Gedung Surian 1648, Pagar Dewa 1201, Sekincau 2061, Sukau 2923, Sumber Jaya 2411, Suoh 1778 dan Way Tenong 1664.

Penyaluran beras Cadangan Pangan Pemerintah diperuntukan untuk tiga bulan ke depan, bulan September hingga november dengan jumlah 10 Kg perbulan.

Dalam sampaiannya, Pj. Bupati Lampung Barat mengatakan, keterjangkauan pangan merupakan kemampuan masyarakat dalam mengakses pangan, baik dari sisi akses terhadap ekonomi maupun akses fisik.

Menurutnya, keterjangkauan pangan dari sisi ekonomi dipengaruhi oleh tingkat pendapatan atau daya beli dan stabilitas harga pangan.

“Rumah tangga keluarga kurang mampu memiliki pendapatan rendah sehingga daya belinya terhadap pangan maupun non pangan juga rendah,” kata dia.

Oleh karena itu, Pemerintah hadir dalam rangka memberikan jaminan atas pangan dan merupakan wujud kepedulian serta perhatian kepada masyarakat.

Penyaluran beras Cadangan Pangan Pemerintah tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan akses pangan bagi masyarakat melalui pemberian bantuan pangan yang bersumber dari Cadangan Pangan Pemerintah.

“Sebagai upaya untuk menangani kerawanan dan kenaikan harga pangan dalam hal ini beras, yang mulai mengalami lonjakan harga sebagai akibat dari pada perubahan iklim el nino,” jelasnya.

Penyaluran beras Cadangan Pangan Pemerintah tersebut, diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Penyaluran beras Cadangan Pangan Pemerintah ini diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran masyarakat,” tuturnya.

Dia menjelaskan, sasaran penerima beras Cadangan Pangan Pemerintah adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Terakhir, Nukman menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak terkait yang sudah bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

“Saya selaku Pj. Bupati Lampung Barat atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada pihak perum Bulog, transporter, camat, lurah, peratin beserta segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah bekerja keras dan demi kelancaran program bantuan sosial ini,” ujarnya.

“Saya juga berpesan kepada pemerima agar dapat menerima dan memanfaatkan bantuan ini,”pungkasnya.(rill)

Berita Terkait

Berita Lainnya

Peduli Pendidikan Pratin Puramekar Sumbang Seragam Olahraga Siswa Didik

Anderi Pratin Pekon Puramekar saat kegiatan penyerahan seragam olahraga (foto gsn) Lampung Barat Gemasumselnews- Penyerahan…

Hari Terakhir Festival Sekala Bekhak Group Sekura Tampil Mariah

Hari Terakhir Festival Sekala Bekhak. Group Sekura Bukhak Tampil Mariah Lampung Barat Gemasumselnews-Kegiatan di Lapangan…

Pj Wako Prabumulih , H Elman di Dampingi istri, Kadinkes, Hj Hesti Widyaningsih Lauching PIN Polio.

Kegiatan bertempat di Kelurahan Sukaraja Kecamatan Prabumulih Timur (foto gsn) Prabumulih, Gemasumselnews – Pemkot Prabumulih…

Senyum Tipis Tipis Abusama H. Misnadi Menjadi “Magnet”, Ibu Ibu ekspresikan Dukungan

ibu ibu mengekspresikan dukungan terhadap kedua pasangan calon di setiap titik pertemuan. (foto GSN) OKU…

H.Muhtadin Sera’i : Dukung Bacabup Abusama-Misnadi Yakin Mampu Bawa OKU Selatan Lebih Baik

Abusama- H.Misnadi Mari kita bersatu untuk memenangkan Pilkada OKU Selatan pada 27 November 2024 mendatang…