Home » Berita » OKU » Pemkab OKU Serahkan Sertifikat Redistribusi Tanah

Pemkab OKU Serahkan Sertifikat Redistribusi Tanah

Array

Penyerahan Sertifikat Sekaligus Membuka Operasi Pasar Murah di Desa Pengaringan kec Semidang Aji (Fofo dok prokopim)

Baturaja Gemasumselnews-Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah menyerahkan sertifikat redistribusi tanah kepada masyarakat Desa Pengaringan, Jum’at (5/4/2024). (Foto: Prokopim Setda OKU)

PJ Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah menghadiri Acara Penyerahan Sertipikat Redistribusi Tanah Secara Simbolis dan Sekaligus Membuka Operasi Pasar Murah Bertempat di Desa Pengaringan kec Semidang Aji, Jum’at (05/04/2024)

Disampaikan juga selain Penyerahan Sertipikat Redistribusi Tanah Secara Simbolis dan kegiatan Operasi Pasar Murah, Pemkab OKU melalui Dinas Kesehatan membuka pelayangan Pengobatan gratis untuk seluruh Masyarakat Kec Semindang aji terkhusus di Desa Pengaringan.

Kepala BPN OKU Rosidi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan penyerahan sertifikat redistribusi tanah objek reforma agraria tahun 2023 sebanyak 1.810 bidang, yang mana kegiatan ini merupakan program strategis nasional.

Sementara itu, PJ Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada BPN Kabupaten OKU dan ucapan selamat kepada para penerima sertipikat serta semua pihak yang berperan sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik.

Selain itu, PJ Bupati Teddy mengatakan bahwa sertifikat ini memang diperjuangkan sejak lama agar tanah-tanah di Kabupaten OKU yang sudah menjadi niat masyarakat memiliki kepastian hukum.

Disamping itu Presiden Jokowi mentargetkan semua tanah negara yang sudah menjadi hunian (sertifikatnya) bisa diminta untuk pendistribusian melalui kepala kantor atau kantor pertanahan di setiap Kabupaten.

Untuk itu, melalui Program Redistribusi Tanah yang merupakan salah satu bagian dari reforma agraria dengan tujuan untuk memperbaiki kondisi sosial-ekonomi masyarakat dengan membagikan tanah-tanah yang dikuasai Negara, dan ditegaskan menjadi objek land reform,

untuk selanjutnya diberikan kepada masyarakat yang telah memenuhi syarat ketentuan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya cukup bahagia, senang kalau semua masyarakat tempat huniannya sudah resmi punya sertifikat, sudah punya kepastian hukum sehingga menempati rumahnya itu sudah menempati milik sendiri dan menjadi turun temurun nantinya,” ungkapnya.

Secara khusus kegiatan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah bukti nyata dari implementasi program Redistribusi Tanah di Kabupaten OkU.

Kepada Penerima, PJ Bupati OKU berharap “semoga melalui penyerahan sertipikat ini, secara keseluruhan dapat memberikan manfaat Untuk mewujudkan pembagian yang adil atas sumber penghidupan masyarakat yang berupa tanah, memperkuat dan memperluas hak milik atas tanah demi pemerataan kesejahteraan serta meningkatkan produktivitas daerah.

Sebelum mengakhiri sambutan, Bupati OkU berpesan agar sertipikat ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, disimpan, dijaga dengan baik, jangan sampai hilang atau rusak, dan jangan sampai beralih fungsi atau dialihkan kepada orang lain.

“Hal ini penting untuk saya sampaikan karena keamanan sertipikat kepemilikan tanah ini memang sangat rawan, dan dikhawatirkan dapat menimbulkan konflik kepentingan dikemudian hari, apabila tidak dijaga dengan baik.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertipikat redistribusi tanah reforma agraria tahun 2023 kepada 4 orang masyarakat Desa Singapur dan 6 arang desa Pengaringan secara simbolis oleh PJ Bupati OKU didampingi oleh Kepala BPN.

Hadir dalam acara ini, Sekda OKU, Asisten, OPD Terkait, Kabag Terkait, Muspika Kec. Semindang Aji, Para Kepala Desa, FKBPD Dan Perwakilan Masyarakat yang menerima sertipikat secara simbolis, kepala kantor pertanahan kab OKU, serta undangan lainnya. (rill)

Berita Terkait

Berita Lainnya

KPU Melantik 95 Anggota PPK OKU Selatan

Ketua KPU Doni Yansen Berkegiatan di Aula Graha Serasan Seandanan Banding Agung,(foto gsn) OKU Selatan…

Dekan Unsri dan Dokter RSMH Sumsel Kunjungi RSUD Kota Prabumulih

Sriwidyastuti beserta jajaran sambut tim visitasi dari perguruan tinggi UNSRI dan RSMH kota Palembang (foto…

DPRD OKUS Komisi III Kunker ke Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)

Komisie III membahas tentang Perlindungan Pekerja Migran (foto gsn) OKU Selatan Gemasumselnews -Pemerintah Kabupaten OKU…

Dekan Unsri dan Dokter RSMH Sumsel Kunjungi RSUD Kota Prabumulih

drg Sriwidyastuti sambut Tim visitasi UNSRI dan RSMH kota Palembang diGedung Aula RSUD (foto gsn)…

Tumbuh Kembangkan Minat Baca Warga Prabumulih Ini Kata Kadin Mahpuzi

Mobil Perpustakaan Keliling jangkau tempat terjauh dari Kota Prabumulih (foto gsn) Prabumulih Gemasumselnews – Pemkot…