Home » Berita » Kegiatan Lampung Barat Fun Cat Festival 2023 Berlangsung Di Lamban Gedung Pancasila

Kegiatan Lampung Barat Fun Cat Festival 2023 Berlangsung Di Lamban Gedung Pancasila

Array

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Yudha Setiawan membuka secara langsung kegiatan Lambar Fun Cat Festival 2023 (foto dok kominfo)

Lampung Barat,Gemasumselnews-Pj. Bupati Lampung Barat, Drs. Nukman, MM., diwakilkan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Yudha Setiawan membuka secara langsung kegiatan Lambar Fun Cat Festival 2023 yang berlangsung di lamban gedung pancasila, komplek perkantoran pemda Lampung Barat pada Sabtu pagi (18/11/2023).

Ketua Cat Lovers Lampung Barat Liliana Paramita, dia menerangkan kegiatan tersebut ditujukan untuk memberikan edukasi dan menumbuhkan rasa peduli terhadap hewan, yakni kucing.

Komunitas Cat Lovers Lampung Barat sendiri berdiri tahun 2022 kemarin, sampai saat ini komunitas Cat Lovers sudah mencapai lebih dari 100 anggota.

Lili mengatakan, alasan dibentuknya komunitas Cat Lovers ialah untuk menjalin silaturrahmi antar sesama para pecinta kucing, baik jenis ras maupun domestik dengan berbagai program kegiatan yang dilaksanakan.

“Dikarenakan kabupaten Lampung Barat ini masyarakatnya sudah terbilang banyak dalam memelihara dan merawat kucing jenis ras atau pun domestik,” kata Lili.

“Dari itu kami bentuk komunitas ini pada tahun 2022 dan terus belajan sampai saat ini,” lanjutnya.

Dalam kegiatan Lambar Fun Cat Festival 2023 terdapat sejumlah perlombaan yang diselenggarakan, pertama lomba kucing ras atau non pedigree, kedua lomba kucing domestik atau lokal, lalu katagori extrim yaitu lomba kucing ekor terpanjang, Lomba kucing terberat serta lomba foto kucing.

Sementara untuk hadiah yang diberikan kedapa para pemenang meliputi piala, piagam, parcel, serta doorprize steril untuk 5 kucing dan hadiah menarik lainnya.

Kegiatan tersebut dudukung dengan berbagai sponsor, di antaranya pemerintah Kabupaten Lampung Barat, RSIA Bunda, Domia Pet Shop, Puskeswan Liwa, Komunitas Trajang, Merlin Tet Care, PDAM Limau Kunci, Kopi Ratu Luak, dan Tunas Honda Krui.

“Untuk kegiatan ini kami juga bekerja sama dengan dinas perkebunan dan peternakan melaluii puskeswan liwa dalam pelayanan kesehatan dan vaksinasi hewan gratis,” sebut Lili.

Terakhir Lili berharap, ke depan komunitas Cat Lovers Kabupaten Lampung Barat terus dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dan pihak lainnya.

Kegitan Cat Lovers itu pun mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupten Lampung Barat, hal itu disampaikan Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman melalui sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Yudha Setiawan.

“Kami merasa bangga dan bahagia melihat berkumpulnya para pecinta hewan, khususnya kucing dalam satu kegiatan seperti ini, ucapnya.

Dengan kegitan tersebut, diharapkan dapat mendorong pengetahuan mengenai perkembangan dan kesehatan hewan, khususnya kucing di Kabupaten Lampung Barat.

Dalam sambutan tertulis itu, Yudha Setiawan menyatakan komunitas Cat Lovers dibentuk sebagai wadah untuk berkumpul dan berbagi pengalaman serta pengetahuan mengenai kucing, dengan tujuan menjaga eksistensi dari keberadaan dan memberikan informasi bagaimana cara merawat kucing dengan benar serta pengetahuan mengenai silsilah agar terpenuhinya prinsip ” five freedom” bagi hewan peliharaan seperti kucing.

“Prinsip five freedom atau lima kesejahteraan hewan yang terdiri dari bebas dari rasa haus dan lapar, bebas dari rasa sakit dan penyakit, bebas mengekspresikan sifat alamiah, bebas takut dan tertekan serya bebas dari rasa tidak nyaman,” pungkasnya.(rill)

Berita Terkait

Berita Lainnya

Kapolres Tulang Bawang Barat Laksanakan Sholat Idul Fitri bersama Warga

Khatib dalam Shalat Ied Ustadz selamet.S.Pdi. tema khutbah yaitu Pengendalian hawa napsu, (foto gsn) Tuang…

Kapolres Tubaba Pimpin Langsung Apel Pengamanan Malam Takbir

Kapolres Tubaba AKBP Ndaru Istimawan,S.IK. mengerahkan sebanyak 163 Personel malam takbir.(Foto gsn) Tulang Bawang Barat…

Pemkot Prabumulih Tidak Melarang Takbir Keliling Dilaksanakan.

Drs.Mulyadi Musa,M.Si Silahkan Pengurus Masjid Takbiran Keliling Sambut Hari Kemenangan (foto gsn/ Prabumulih Gemasumselnews– Pj….

Kapolres Dan Pj.Bupati Tulang Bawang Barat Monitoring Pos Pam Ops Ketupat Krakatau 2024

Kapolres menekankan agar personil keamanan perlu bersikap humanis dalam bertugas (foto gsn) Tulang Bawang Barat…