Home » Berita » Gubernur Lampung Beri Penghargaan PJ Bupati Lambar Berjasa Dalam Pembinaan Karang Taruna

Gubernur Lampung Beri Penghargaan PJ Bupati Lambar Berjasa Dalam Pembinaan Karang Taruna

Array

Nukma Terima Penghargaan Dari Gubernur Lampung (foto dok Kominfo)

Lampung Barat, gemasumselnews

Pj. Bupati Kabupaten Lampung Barat Drs. Nukman, M.M., menerima Penghargaan Satya lencana Adhitya Karya Mahatva Yodha Utama oleh Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi pada saat menghadiri Pembukaan acara Bulan Bakti Karang Taruna Provinsi Lampung dan HUT Bulan Bakti Karang Taruna ke-63 tahun 2023 dihalaman kantor Bupati Kabupaten Pesisir Barat, Selasa (03/10/2023).

Penghargaan Satya Lencana Adhitya Karya Mahatva Yodha Utama itu juga diberikan kepada Tokoh Masyarakat, Kepala Dinas dan beberapa Camat se-provinsi Lampung.

Kemudian adapun Penghargaan Satya Lencana Adhitya Karya Mahatva Yodha Madya diberikan kepada Lurah, Kepala Desa/Kepala Pekon, Tokoh Pemuda, Mitra Kerja Karang Taruna se-Provinsi Lampung atas peran sertanya dalam pembinaan karang taruna di wilayah kerjanya.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Karang Taruna Provinsi Lampung Nomor: Istimewa/KT-LPG/AI/IX/2023 Tentang Penerima Penghargaan Pembina Karang Taruna Berprestasi.

Dalama acara tersebut adapun Penyerahan Secara Simbolis berupa Santunan, Sembako dan Bantuan Kursi Roda, Alat Olahraga dan Bibit Pohon.

Dalam Penyerahan tersebut disaksikan langsung oleh Bupati Pesisir Barat Wakil Bupati Pesisir Barat, Kapolres Pesisir Barat, Dandim 0422/LB, Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung dan Ketua Karang Taruna dari masing-masing Kabupaten se-Provinsi Lampung serta masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu, Gubernur Arinal Djunaidi
minta para kader Karang Taruna berdedikasi dan ikut serta dalam membangun Provinsi Lampung yang dinamis dan terus berkembang dalam mengikuti perubahan zaman.

“Sebagai agen perubahan untuk pemuda Lampung, Karang Taruna hendaknya dapat memberdayakan para pemuda untuk terus berkarya dan mengasah kreatifitas dengan memaksimalkan potensi yang ada,” ucapnya.

“Jadikan generasi muda kita generasi yang produktif, terampil, responsive dan berdaya guna bagi diri dan lingkungannya,” ujar Gubernur Arinal.

Disela-sela sambutannya, Gubernur Arinal menyampaikan bahwa dirinya mengapresiasi kegiatan ini, karena dapat mempererat tali persaudaraan dan ajang silaturahmi antar pengurus Karang Taruna.

“Saya juga mengucapkan selamat memperingati Hari Ulang Tahun Karang Taruna ke-63, semoga dapat menjadi motivasi bagi kita semua, khususnya anggota karang taruna untuk memiliki jiwa pemimpin, jiwa sosial, peduli dan peka terhadap lingkungan sekitar, serta tanpa mengenal lelah mengabdi untuk Provinsi Lampung,” Ungkapnya.

Kemudian Gubernur Arinal mengatakan, Sebagai organisasi sosial kepemudaan, Karang Taruna menjadi wadah pembinaan dan pengembangan serta pendayagunaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif, dengan pendayagunaan serta potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada.

“Karang Taruna adalah salah satu motor penggerak pemuda dalam pembangunan kesejahteraan sosial di tingkat desa/kelurahan yang berada di seluruh wilayah Indonesia khususnya di Provinsi Lampung,” katanya.

Menurut Arinal, Karang Taruna juga memiliki peranan yang cukup besar dalam pembangunan masyarakat. Oleh karena itu untuk dapat meningkatkan potensi dan peran aktif Karang Taruna diperlukan upaya pengembangan jaringan komunikasi, kerjasama, sinergi dan kolaborasi antar Karang Taruna khususnya dalam lingkup wilayah provinsi.

“Insyaallah saya juga mempunyai suatu program bagaimana karang taruna menjadi penggerak, tidak hanya dalam semangat kerja tetapi juga bagaimana meningkatkan ekonomi kerakyatan di desa. Yakni melalui BUMDes yang sudah saya galakkan, bahwa BUMDes akan menjadi suatu program strategis dalam membangun ekonomi kerakyatan,” ungkapnya.

Gubernur Arinal berharap bentuk nyata dari keikutsertaan Karang Taruna dalam mewujudkan Lampung Berjaya.

“Ia juga berharap Bulan Bakti Karang Taruna ke-63 ini bukan sekadar kegiatan seremonial, akan tetapi menjadi pengingat bahwa Karang Taruna harus lebih solid, karena bagaimanapun Pemerintah Provinsi Lampung membutuhkan mitra di dalam pembangunan dengan kondisi Bumi Lampung yang semakin berkembang dan maju,” harapnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Kabupaten Lampung Barat Drs Nukman, M.M mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Gubernur Arinal Djunaidi atas penghargaan yang diberikan.

Dirinya berharap penghargaan tersebut, dapat dipertahankan dan dapat ditingkatkan untuk kedepannya.

“Terimakasih atas pengharapan ini, semoga pengharapan ini bisa memacu kita untuk lebih baik lagi,” ungkapnya.(rill)

Berita Terkait

Berita Lainnya

Kapolres Tulang Bawang Barat Laksanakan Sholat Idul Fitri bersama Warga

Khatib dalam Shalat Ied Ustadz selamet.S.Pdi. tema khutbah yaitu Pengendalian hawa napsu, (foto gsn) Tuang…

Kapolres Tubaba Pimpin Langsung Apel Pengamanan Malam Takbir

Kapolres Tubaba AKBP Ndaru Istimawan,S.IK. mengerahkan sebanyak 163 Personel malam takbir.(Foto gsn) Tulang Bawang Barat…

Pemkot Prabumulih Tidak Melarang Takbir Keliling Dilaksanakan.

Drs.Mulyadi Musa,M.Si Silahkan Pengurus Masjid Takbiran Keliling Sambut Hari Kemenangan (foto gsn/ Prabumulih Gemasumselnews– Pj….

Kapolres Dan Pj.Bupati Tulang Bawang Barat Monitoring Pos Pam Ops Ketupat Krakatau 2024

Kapolres menekankan agar personil keamanan perlu bersikap humanis dalam bertugas (foto gsn) Tulang Bawang Barat…